Usai Bentrok Ormas, Kapolda Sulut Pastikan Situasi Bitung Telah Kondusif

26 November 2023 - 10:30 WIB
Foto : Tribun

Tribratanews.polri.go.id - Manado. Telah viral video di media sosial terkait keributan yang melibatkan dua kelompok massa di Bitung, Sulut. Dalam video yang beredar, kedua kelompok itu dinarasikan sebagai massa pro-Palestina dan massa pro-Israel. Kapolda Sulut, Irjen. Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., menjelaskan bahwa kedua massa tersebut adalah dua kelompok ormas yang berbeda. Salah satunya merupakan ormas yang pro terhadap Palestina.

"Makanya itu dari masing-masing pihak yang satu melaksanakan kegiatan untuk peringatan hari ulang tahun yang ke-12, kemudian yang satu lagi kegiatan berhubungan dengan partisipasi aksi bela terhadap Palestina. Mungkin karena ada sesuatu dan lain hal kira-kira seperti itu sehingga terjadi ribut-ribut, " jelas Kapolda Sulut, Sabtu (25/11/23).

Baca Juga: Polda DIY Bentuk Timsus Pemberantas Hoaks

Aparat gabungan TNI-Polri pun lantas turun tangan meredam dua kelompok massa. Pasca aparat gabungan diturunkan, situasi pun sudah cukup kondusif.

"Kondisinya sedang kita fokuskan untuk meredam untuk bisa melakukan calling down, untuk bisa menetralisir supaya permasalahannya tidak semakin meluas. Sekarang masing-masing pihak kondisinya sudah rata-rata sudah kembali ke rumah masing-masing. Tinggal kita nanti melakukan patroli, meningkatkan pengamanan supaya malam ini mudah-mudahan sampai besok dan seterusnya situasi semakin kondusif dan aman, " tutupnya .

Sementara dalam video beredar, tampak ada kelompok massa yang berkumpul di badan jalan. Massa tersebut terlihat berlarian sambil berteriak di jalan.

(my/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment