Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PGRI Siap Kolaborasi Dengan 2 Menteri Pendidikan Yang Baru

23 October 2024 - 21:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) siap berkolaborasi dan bermitra dengan pemerintah.

"PGRI mengucapkan selamat bekerja kepada dua menteri yang membidangi pendidikan tersebut. Kami harap dengan nomenklatur baru, kementerian pendidikan dapat fokus mempercepat pelaksanaan program untuk peningkatan kualitas pendidikan nasional," ujar, Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi, dilansir dari laman RRI, Rabu (23/10/24).

Diketahui, Presiden Prabowo resmi melantik Prof Abdul Mut'ti sebagai Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen). Serta Prof Satryo Soemantri Brojonegoro sebagai Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi (Mendiktisainstek).

Ketua Umum PB PGRI, memastikan, PGRI siap mendukung berbagai kebijakan pemerintah yang berpihak pada guru dan dosen. Terutama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kesejahteraan pendidik, serta memberi jaminan perlindungan pada profesi.

"PGRI menaruh harapan besar kepada kedua Menteri itu agar dapat mendengar dan memperhatikan dengan seksama, mengimplementasikan masukan dan saran dari kalangan pendidik. Baik guru, dosen, dan sebagainya," jelasnya.

Menurut dia, upaya ini penting untuk meningkatkan kompetensi, peningkatan kesejahteraan dan perlindungan hukum bagi profesi pendidik.

"Karena guru adalah kunci untuk meningkatkan kualitas dalam sistem pendidikan nasional," jelasnya.

Dalam menghadapi tantangan pendidikan yang kompleks, PGRI memandang pentingnya alokasi dana yang memadai untuk mendukung biaya pendidikan bermutu. Termasuk pembangunan infrastruktur, kepastian status guru, peningkatan kesejahteraan guru, dan pemenuhan kebutuhan pendidikan lainnya.

“PGRI berkomitmen untuk memperjuangkan hak-hak guru dan siswa. Sekaligus memastikan bahwa pendidikan tetap menjadi prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional,” tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment