Terancam Punah, Persemaian Mentawir IKN Jadi Pembiakan Sperma Satwa Endemik

5 June 2024 - 15:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - IKN. Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, meminta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar mendirikan dahulu Persemaian Mentawir di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. Selanjutnya akan dibangun pusat pembiakan sperma satwa endemik Indonesia yang terancam punah serta pengembangan sumber pembawa keturunan organisme.

Untuk mendukung pembiakan fauna asli Nusantara, persemaian sperma akan menerapkan teknologi reproduksi atau Assisted Reproductive Technology (ART).

“Ini adalah langkah maju dalam pengembangan konservasi keanekaragaman flora dan fauna asli Indonesia,” ujar Presiden Jokowi, dilansir dari laman RRI, (4/6/24).

“Sehingga muncul kembali satwa-satwa yang dulunya sudah berkurang. Satwa tersebut akan kembali menjadi banyak dan terus berkembang,” jelasnya.

Pada areal Persemaian Mentawir juga ada pengembangan Bio Bank dan Seed Bank. Termasuk bibit jambu-jambuan sebagai persiapan untuk makanan satwa.

Persemaian Mentawir nantinya memiliki kapasitas pengembangan 15 juta bibit. Hal ini untuk mendukung konsep pembangunan kota hutan (forest city) yang menjadi jargon IKN. .

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment