Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Publik, Kemenhub Luncurkan Mikrobus Transmusi di Palembang

17 October 2024 - 20:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kemenhub luncurkan layanan mikrobus Transmusi sebagai upaya peningkatan pelayanan transportasi publik di Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Mikrobus Transmusi melayani jalur Terminal Alang-Alang Lebar-Halte Integrasi Bawah Ampera, layanan ini juga diharapkan mengurangi kemacetan di wilayah perkotaan.

"Keberadaan mikrobus Transmusi akan menjawab masalah kepadatan dan kecelakaan lalu lintas, serta polusi di Palembang," ujar, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Tatan Rustandi, dilansir dari laman RRI, Kamis (17/10/24).

Dalam keterangannya ia menjelaskan bahwa penggunaan mikrobus di koridor itu mempertimbangkan kondisi lebar jalan dan kebutuhan manuver kendaraan.

"Kami juga mendorong modernisasi angkutan umum agar lebih nyaman dan aman untuk digunakan," ujarnya.

Hal ini dengan Pasal 158 Undang-Undang Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Karena itu, ia menegaskan pihaknya akan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mengajak masyarakat beralih menggunakan transportasi umum.

Rencananya, koridor Terminal Alang-Alang Lebar-Halte Integrasi Bawah Ampera akan dilayani 13 unit armada mikrobus. Layanan ini akan mulai beroperasi penuh dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB mulai 1 November 2024.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment