RS Polri Tunggu Persetujuan Keluarga Terkait Langkah Autopsi Jenazah Korban Kecelakaan Pesawat

19 May 2024 - 22:02 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Rumah Sakit Bhayangkara Tk I Raden Said Sukanto (RS Polri) Kramat Jati masih menunggu persetujuan dari keluarga untuk mengautopsi tiga jenazah korban pesawat jatuh di Jalan Lapangan Sunburst, BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (19/5/24).

"Karena itu, Tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri, termasuk Inafis Bareskrim Polri tengah bekerja untuk proses identifikasi dan pemeriksaan luar saja," ujar Kepala Rumah Sakit Polri, Brigjen. Pol. dr. Hariyanto, Sp.PD.
 
Pemeriksaan luar itu dilakukan sambil menunggu persetujuan keluarga, apakah ketiga jenazah itu perlu dilakukan autopsi (pemeriksaan dalam) atau tidak.
 
"Penyidik yang akan koordinasi dengan keluarga korban. Itu yang kami tunggu," ungkap Brigjen. Pol. dr. Hariyanto.
 
Menurut Brigjen. Pol. dr. Hariyanto, untuk proses identifikasi atau pemeriksaan luar tidak membutuhkan waktu yang lama karena kondisi jenazah tidak mengalami kerusakan yang parah.

Namun, untuk autopsi (mengetahui penyebab kematian) membutuhkan waktu yang relatif lama.

"Kalau autopsi memerlukan waktu yang lama karena autopsi itu untuk mengetahui penyebab kematian karena apa. Mungkin banyak sekali alternatifnya yang memerlukan pemeriksaan lanjutan yang lain, sehingga agak lama," jelas Brigjen. Pol. dr. Hariyanto.
 
Hingga saat ini, Brigjen. Pol. dr. Hariyanto menambahkan, belum ada pihak keluarga yang datang ke RS Polri, tetapi, hanya dari perkumpulan dari Indonesia Flying Club yang sudah datang ke RS Polri.
 
(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment