Puslabfor Bareskrim Polri Olah TKP Kebakaran di Lapas Tangerang

8 September 2021 - 11:17 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Tangerang. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Bareskrim Polri akan diterjunkan untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten yang terjadi pada Rabu dini hari, 8 September 2021.

“Ya tim Labfor dikerahkan olah TKP,” terang Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono.

Menurut Jenderal Bintang Dua tersebut Tim Labfor Bareskrim ini nantinya akan melakukan olah TKP guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran yang menewaskan puluhan orang didalam Lapas Tangerang tersebut.

Sementara itu ditempat yang berbeda, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus enggan menduga penyebab kebakaran yang menewaskan puluhan narapidana tersebut. Memang dugaan awal dari arus pendek listrik. Tapi, Yusri mengatakan, pihaknya saat ini masih menyelidikinya. Sebab, itu hasil dari Puslabfor sangatlah penting.

"Diduga arus pendek listrik, tapi masih kami dalami, tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya "

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas 1A Tangerang dikabarkan terbakar pada Rabu dini hari, 8 September 2021. Kabarnya, kebakaran terjadi di Blok G Lapas.

Berdasarkan data informasi sementara, sebanyak 41 narapidana ditemukan meninggal dunia di dalam sel.

"Korban meninggal ada 41 orang, saat ini sudah dievakuasi ke RSUD Kabupaten Tangerang," tutur Kombes Pol. Yusri Yunus

Polisi juga mendata sebanyak 8 narapidana yang mengalami luka-luka dan dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang dan Rumah Sakit Sintanala.

"Ada 8 orang yang luka berat kita evakuasi ke RSUD Kabupaten Tangerang dan Sintanala, mereka mendapat perawatan di ICU. Sementara ada 72 orang lainnya yang luka ringan dirawat di lapas," tegas Kabid Humas Polda Metro Jaya

Saat ini, situasi sudah terkendali, sementara sejumlah mobil ambulans masih bersiaga di Lapas Kelas I Tangerang. Dugaan sementara, penyebab kebakaran hebat ini karena arus listrik. Namun, kasus ini masih dalam proses penyelidikan.

(ym/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment