Presiden RI Sebut Lindungi Produk Domestik Demi Penguasaan Pasar Lokal

10 October 2024 - 12:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Tangerang. Presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, menyebut, Indonesia sebagai negara besar harus mampu melindungi pasar domestik nasional. Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Trade Expo Indonesia, di ICE BSD Tangerang.

"Dengan jumlah penduduk terbesar Ke-4 di dunia, 280 juta jiwa, (Indonesia) harus mampu melindungi pasar domestik kita. Harus mampu memasarkan produk kita," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Rabu (9/10/24).

Menurut dia, selain itu, produk lokal dan nasional, menurut Presiden, juga harus dipasarkan secara luas. Sehingga produk lokal menguasai pasar dalam negeri hingga merambah ke luar negeri.

"Pemasaran juga jangan selalu dengan cara-cara konvensional, sekarang sudah era digital. Kita harus masuk secara masif ke arah sana untuk memasarkan produk-produk negara kita, Indonesia," jelasnya.

Presiden berujar, dunia kini belum pulih sepenuhnya dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Inflasi tinggi masih menghantui banyak negara.

"Perkiraan inflasi global dikisaran 5,9 persen, ditambah perang konvensional dan perang dagang masih terus berlangsung. (Ini) yang membuat negara-negara terus membuat kebijakan restriksi perdagangan," jelasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan sudah banyak dibahas secara luas mengenai over produksi di Tiongkok. Menurutnya, banyak negara sudah mulai khawatir dan bersiap melindungi pasar domestiknya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment