Presiden RI Buka Pameran IIMS 2023

16 February 2023 - 16:00 WIB
beritasatu.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/23). Presiden RI tiba di Ballroom JIEXPO pada pukul 10.15 WIB. 

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyinggung agar seluruh pabrikan di Indonesia menuju era elektrifikasi khususnya full Electric Vehicles (EV). Apalagi, kini tren semua negara mendorong penggunaan mobil listrik.

Baca juga : Presiden Minta Basarnas Miliki Alat Pencarian Canggih

“Untuk itu, saya mengajak industri otomotif untuk melihat tren ini. Sehingga sedikit demi sedikit bisa menggeser industri ke arah mobil listrik. Sebab, pemerintah saat ini juga i terus mendorong dari hulu sampai hilir ekosistem besar mobil listrik agar segera dimiliki. Sehingga bisa masuk supply chain global," jelas Presiden RI itu saat peresmian pameran tersebut. 

Presiden Jokowi mengungkapkan, peningkatan ekspor sudah cukup tajam dari tahun 2021 sebesar 300 ribu naik menjadi hampir 600 ribu pada 2022. Maka, pihaknya berterima kasih kepada industri otomotif yang telah meningkatkan ekspor. 

“Sayangnya, ekspor Indonesia masih kalah dengan Thailand. Sehingga masih perlu didorong untuk naik,” tegas Presiden. 

Diketahui, kehadiran Presiden RI pada pembukaan IIMS 2023 ini dinanti banyak pihak. Sebab, orang nomor satu di Indonesia ini bakal reuni dengan Esemka, merek lokal yang lekat bersama Presiden sejak menjabat sebagai Walikota Solo

Esemka menjadi salah satu peserta pada pameran IIMS 2023. Pameran ini kali pertama bagi merek lokal asal Boyolali, Jawa Tengah. Esemka diketahui menempati Hall A dan stan bersebelahan dengan Suzuki serta Jeep.

(my/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment