Presiden Jokowi Dorong Kemitraan Negara-negara Berkembang Terus Diperkuat

22 August 2023 - 11:30 WIB
Foto: RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden RI Ir. H. Joko Widodo agar kemitraan antara negara-negara berkembang terus diperkuat dan diperkukuh. Hal ini disampaikan Presiden dalam keterangannya bersama Presiden Republik Kenya William Ruto, di State House, Senin (21/8/23).

"Dalam kondisi ketidakpastian global saat ini, sudah saatnya kita memperkukuh kembali 'spirit Bandung' antara negara The Global South. Sudah saatnya dunia mendengarkan suara, dan kepentingan negara-negara berkembang termasuk hak untuk melakukan lompatan pembangunan," ungkap Presiden.

Baca Juga:  Kadiv Humas Polri: Pembahasan Utama AMMTC Ke-17 Adalah TPPO dan Kejahatan Domestik

Presiden Jokowi menekankan bahwa "semangat Bandung" merupakan semangat yang dibawa dalam kunjungan ke Kenya. Tujuannya untuk memperkukuh kerja sama antarnegara selatan global, dilansir dari rri.co.id.

“Kenya dan Indonesia memiliki kedekatan historis sejak KAA di Bandung tahun 1955 dan Gerakan Non-Blok tahun 1961. 'Spirit Bandung’ inilah yang saya bawa ke Kenya, spirit memperkukuh kerja sama antara negara-negara The Global South,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, Kenya merupakan sahabat penting bagi Indonesia. Dan Indonesia menurut Presiden Jokowi juga terus berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dengan Kenya.

(rz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment