Presiden Jokowi Berharap Hasil Pertanian di Palas Mampu Penuhi Kebutuhan Masyarakat di Lampung

11 July 2024 - 16:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan hasil pertanian di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di Provinsi Lampung.

"Kabupaten Lampung Selatan memiliki peluang untuk memenuhi kebutuhan pangan dan berperan sebagai penyangga bagi Provinsi Lampung," ujar Presiden Jokowi, Kamis (11/7/24).

Oleh karena itu, untuk membuat hasil pertanian di Lampung Selatan tetap stabil, Presiden Jokowi memberikan bantuan pompa air untuk pengairan sawah dan pertanian (pompanisasi).

Baca Juga: Timnas Uruguay Kalah 0-1, Timnas Kolombia Berhasil ke Final Copa America 2024

"Kita harus siap dulu, sehingga produktivitas petani kita tidak turun, karena semua negara sekarang ini produksinya turun gara-gara gelombang panas dan kekeringan panjang," ungkap Presiden Jokowi.

Ia mengatakan program pompanisasi di Lampung Selatan tetap berlanjut pada saat cuaca hujan deras. Hal itu sebagai bentuk persiapan menghadapi kemarau panjang.

​​​​​​"Semua negara sekarang ini produksinya turun gara-gara gelombang panas dan kekeringan panjang," ujar Presiden Jokowi.

Ia juga telah memastikan Kementerian Pertanian (Kementan) akan berupaya memenuhi kebutuhan pompa secara keseluruhan untuk memastikan seluruh area produksi dapat tercukupi.

"Saya lihat di sini irigasinya cukup baik, jadi kita tarik airnya dari irigasi lebih rendah masuk ke dalam irigasi sekunder tersier bisa lari ke sawah, sehingga kita harapkan yang biasanya tanam panen sekali bisa dua kali dan yang sudah dua kali bisa tiga kali," terang Presiden Jokowi.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment