Presiden Beri Pesan ke Para Dubes agar Pemilu di Luar Negeri Aman

26 June 2023 - 20:15 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Rumania merangkap Republik Moldova Meidyatama Suryodiningrat mengatakan Presiden Joko Widodo telah berpesan agar para dubes dapat memastikan Pemilu 2024 di luar negeri dapat berjalan aman.

"Yang pertama memastikan bahwa hak warga negara Republik Indonesia di luar negeri terpenuhi, salah satunya memastikan terkait pendaftaran pemilih dan sebagainya," ujar Meidyatama Suryodiningrat di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/3/23).

Baca Juga:  Polisi Usut Dugaan Penistaan Agama Oleh Ponpes Al Zaytun

"Harus diingat, kami sebagai dubes yang mewakili negara, kami tidak terlibat langsung karena memang ada panitia pemilihan luar negeri, tugas kami adalah memfasilitasi hal tersebut," tambah Meidyatama.

Meidyatama menyebut bahwa Presiden berharap agar derajat pemberian suara di luar negeri sama pentingnya dengan yang ada di dalam negeri.

"Artinya menjamin seluruh warga Indonesia di luar negeri dapat melaksanakan haknya sebagai pemilih sesuai dengan undang-undang dan bahwa proses itu semua berlangsung dengan baik, jadi pemilihan di luar negeri sama pentingnya dengan pemilihan yang dilakukan di Indonesia," ungkap Meidyatama.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment