Sosok Ipda Afan, Kapolsek Baras Sulbar yang Viral Pakai Bahasa Isyarat

10 June 2023 - 08:42 WIB
Foto: Profile Instagram @afanharapansyah

Tribratanews.polri.go.id – Sulbar. Inspektur Dua (Ipda) Afan Harapansyah yang dipercaya sebagai Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) di Kecamatan Baras ini Viral di Media Sosial setelah diketahui masyarakat dirinya yang mahir dalam berbahas isyarat.

Video viral ini diunggah pada akun Tiktoknya @afanharapnsyah di mana dirinya mengajak para penonton untuk bertemu dengan orang-orang istimewa di Desa Balanti Sulbar secara virtual.

Dalam Video tersebut Mohamad Harapansyah atau panggilan akrabnya disebut Afan ini tampak bercengkerama menggunakan bahasa isyarat sambil memakan nasi goreng bersama teman-teman istimewanya tersebut.

Baca Juga: Kapolri Terima Kunjungan Delegasi PBB

Selain mahir dalam berbahasa isyarat ini juga memiliki 20 Penghargaan dalam dinasnya sebagai Kapolsek Baras, adapun piagam tersebut penghargaan atas Sinergitas terbaik 3 pilar, Polsek dengan capaian tertinggi dalam rangka HUT RI ke-77, Polsek dengan lingkungan terbersih dan sebagainya.

Adapun kegiatan lain Ipda Afan membuka kelas bahasa inggris tanpa biaya alias gratis untuk Siswa SD sampai Siswa SMA, saat ini ada 48 anak didik yang mengikuti kelas Bahasa Inggris di Polsek Baras itu.

“Kebetulan saya punya sedikit kemampuan lumayan untuk bahasa Inggris jadi saya bikin kelas gurunya juga saya sendiri. Jadi siapa pun yang mau ikut boleh dan saya sekarang sudah punya siswa 48 orang ada dari SD, SMP, SMA, kelas saya bagi 3. Materinya beda-beda,” ujar Afan.

Baca Juga: Kanit Polsek Baros Polresta Serkot Polda Banten, Melaksanakan Kunjungan Ke MTs Nurul Basmallah

Tidak hanya mahir dalam berbahasa inggris, Ipda Afan juga mahir menggunakan bahasa isyarat, diketahui Afan belajar secara otodidak melalui materi-materi di dunia maya.

Saat mulai menjabat Kapolsek Baras dia sudah mengunjungi semua warga disabilitas di wilayahnya, dia bahkan melakukan pendataan warga disabilitas.

“Di wilayah saya di Baras saya memang mendata masyarakat-masyarakat yang disabilitas. Saya memang sambangi mereka, jadi semuanya sudah saya datangi,” jelas Kapolsek Baras.


(ss/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment