Dirpolairud Sultra Periksa Manifes Penumpang dan Pastikan Kapal Laik Berlayar

20 April 2023 - 11:15 WIB
Foto: Ditpolairud Polda Sultra

Tribratanews.polri.go.id - Konsel. H-2 jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, kepadatan arus mudik terpantau di Pelabuhan Torobulu, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (19/4/23). Para pemudik sebagian besar berasal dari Kota Kendari menuju Pelabuhan Tampo Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Memastikan kapal laik berlayar serta keamanan kawasan pelabuhan, Direktur Polairud Polda Sultra Kombes Pol. Dr. Andi Adnan Syafruddin, S.H., S.I.K., M.M., meninjau langsung situasi mudik saat libur Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Torobulu di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Rabu (19/4/23).

Baca Juga:  Polda Lampung Tegaskan Video Pemalakan Sopir Truk di Jembatan Tegineneng, Tidak Benar

Mantan Wadirpolairud Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) ini menjelaskan, petugas Ditpolairud Polda Sultra memeriksa sendiri kapal untuk memastikan kapal layak berlayar. Selain itu, memeriksa manifes penumpang untuk memastikan jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas kapal.

“Selanjutnya, petugas memeriksa infrastruktur pelabuhan secara keseluruhan untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Sehingga dapat dipastikan perjalanan akan aman dan lancar bagi semua penumpang yang bepergian selama mudik Lebaran,” jelasnya.

Ia menambahkan, penting untuk memastikan semua tindakan pencegahan dilakukan untuk menjaga lingkungan di pelabuhan aman. Apalagi, lonjakan pemudik selama libur Lebaran meningkat tajam. Untuk itu, disarankan, jika kapal sudah dalam kapasitas penuh, para pemudik diminta mengikuti aturan dan tidak menyalahkan siapa pun atas ketidaknyamanan tersebut.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment