Berikut Beberapa Daftar Makanan Tradisional Aceh

19 May 2022 - 00:18 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Salah satu makanan tradisional Aceh, Mie Aceh yang menjadi makanan tradisional terkenal dan sudah menyebar di banyak daerah Tanah Air. Rasanya yang nendang, menjadikan menu ini lebih dari sekadar olahan mie umumnya. Tidak hanya itu, masih banyak juga makanan tradisonal lainnya yang berasal dari daerah-daerah di Aceh. Rabu, (18/5/22).

Berikut Beberapa Daftar Makanan Tradisional Aceh, yaitu:

1. Mie Aceh

Berbahan dasar mie yang disajikan bersama dengan taburan acar bawang, emping, potongan mentimun dan irisan jeruk nipis, juga dengan tambahan udang, cumi, ataupun daging sapi untuk menambah cita rasanya. Yang membuat Mie Aceh berbeda dengan mie lainnya ialah ciri khas dari rasa karinya yang gurih dan pedas.

2. Sate Matang Bireuen

Berasal dari Kota Matangglumpangdua, Kabupaten Bireuen, makanan tradisional yang satu ini hanya seharga 3000 per tusuknya. Sate Matang Bireuen lengkap disajikan dengan bumbu kacang yang ditaburi bawang goreng dan daun bawang, dilengkapi dengan sepiring nasi putih, kuah soto tanpa santan yang diberi sedikit potongan lemak sapi atau kambing.

3. Kuah Beulangong Aceh Besar

Makanan tradisional satu ini bahan bakunya terdiri dari daging kambing atau sapi yang dimasak menggunakan belanga yang ditambahi potongan buah nangka.

4. Ayam Tangkap Aceh Besar

Disajikan bersama dengan daun pandan, daun kari, dan cabai hijau, Sayap Tangkap adalah makanan tradisional yang menggunakan bahan dasar ayam muda.

Terlebih dahulu potongan ayam dibumbui dengan rempah-rempah sekitar 15 menit sebelum digoreng. Hal ini berguna untuk menambah cita rasa dari makanan tersebut, ditambah dengan gorengan daun pandan dan teumurui.

5. Eungkot Paya

Makanan Eungkot Paya yang berbahan dasar dari eungkot paya atau ikan payau, biasanya dicampur dengan santan, rebung kala, jantung pisang dan aroma ketumbar sangrai. Makanan tradisional yang satu ini memiliki rasa asam dan pedas yang dominan.

6. Sie Reuboh Aceh Besar

Sie Reuboh terbuat dari rebusan daging sapi dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabe merah dan merika. Kemudian ditambahkan cuka secara bertahap sampai meresap ke dalam daging selama proses pemasakan.

7. Keumamah

Dikenal dengan sebutan ikan kayu, makanan tradisional yang satu ini bahan dasarnya ialah ikan tongkol yang dikeringkan dan bentuknya mirip kayu dengan tekstur yang keras, sehingga memiliki istilah ikan kayu.

8. Mie Jalak Sabang

Makanan tradisional yang dapat dijumpai di Pulau Weh, Sabang, bertekstur kenyal dan berwarna pucat. Mi Jalak disajikan dengan kuah kaldu bening yang gurih di tambah potongan daging cincang, tauge dan telur bulat rebus.

Share this post

Sign in to leave a comment