As SDM Ingatkan Pentingnya Kesehatan Mental Anggota Polri

7 June 2023 - 13:45 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM), Irjen. Pol. Dedi Prasetyo, menyampaikan pentingnya merawat kesehatan mental bagi seluruh anggota Polri.

"Mereka semua adalah human capital atau sumber daya yang sangat berharga bagi Polri, yang perlu untuk selalu dirawat kesehatan mentalnya, agar betul-betul dapat melaksanakan tugas secara profesional dan paripurna," ujar As SDM dalam FGD Membangun Kesejahteraan Mental PNPP Guna Mencegah Perilaku Bunuh Diri dalam Rangka Mewujudkan SDM Unggul Polri Presisi, Rabu (7/6/23).

Baca Juga:  Satgas TPPO Dibentuk, Kapolri Beri Arahan Seluruh Jajaran

Menurutnya, Ropsi SDM Polri mencatat sejak awal tahun hingga kini ada 15 personel Polri bunuh diri dan mencoba bunuh diri. Oleh sebab itu, kesejahteraan mental sangat penting dan perlu dikaji secara komprehensif.

"Biro Psikologi SSDM Polri sebagai pengemban fungsi perawatan dan pembinaan psikologi, sampai dengan bulan ini, mencatat ada 15 orang personel Polri yang melakukan bunuh diri dan percobaan bunuh diri," ungkapnya.

Ia pun menegaskan, kesejahteraan mental tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga sehat secara moril, spiritual, sikap, dan perilaku. Atas hal itu, ia berharap adanya terobosan baru dan perubahan pola pembinaan mental kerohanian, pelayanan konseling psikologi yang baik, peneguhan jiwa korsa, serta pelayanan kesehatan jiwa yang memadai.

(ay/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment