Polri Perlu Optimalkan Kerjasama Guna Cegah Kejahatan di Perbatasan

25 October 2022 - 18:13 WIB
Foto: (Dok. Hubinter Polri)

Tribratanews.polri.go.id - Tangerang. Kabaglotas Set NCB Interpol Polri Kombes Pol. Dodied Prasetyo Aji mengatakan, Polri perlu menggandeng kementerian dan  lembaga dalam penanggulangan kejahatan transnasional. Hal dipandang perlu dilakukan mengingat situasi situasi geopolitik global.

“Perkembangan situasi geopolitik saat ini perlu diimbangi dengan penguatan kerjasama Polri dengan kementerian lembaga yang concern pada permasalahan Kamtibmas di perbatasan negara agar bisa mencegah dampak kejahatan lintas negara atau transnational crime,” jelas Kombes Pol. Dodied dalam sambutannya di acara diskusi Kamtibmas perbatasan negara di Hotel Santika, Serpong Tangerang Selatan, Senin (24/10).

Diskusi diikuti oleh 65 Kapolres perbatasan serta para Atase dan Staf Teknis Kepolisian yang bertugas di KBRI dan KJRI di Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Australia dan Timor Lesta. 

Baca Juga: Ini Pesan PM Palestina kepada Presiden Jokowi di KTT G20

Kombes Pol. Dodied menjelaskan beberapa terobosan sudah dilakukan oleh Kadivhubinter Polri seperti program penyegaran dan rekrutment brigadir perbatasan.

Selain itu dilakukan juga pelaksanaan monitoring dan evaluasi masalah perbatasan secara konsisten, pengembangan aplikasi Imbas Cepat serta upaya peningkatan kapabiltas sarana dan prasarana dalam mendukung tugas Polri di wilayah perbatasan.

“Divhubinter Polri terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas personel, sarana dan prasarana serta metode kerja yang berbasis pada kemajuan teknologi untuk mencari solusi yang adaptif terhadap masalah-masalah kamtibmas di daerah perbatasan,” jelas Kombes Pol. Dodied.

(my/hn/um)


Share this post

Sign in to leave a comment