Polres Pekalong Imbau Nelayan Agar Hati-hati Saat Melaut Karna Cuaca Buruk

9 January 2023 - 19:29 WIB
Foto med.com.id

Tribratanews.polri.go.id - Pekalongan. Polres Pekalongan minta kepada para para nelayan agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem untuk mencegah kecelakaan saat beraktivitas di luat di wilayah Kabupaten Pekalongan.

“Cuaca ekstrem masih sering terjadi dalam dalam beberapa hari terakhir dan mungkin masih berlanjut hingga beberapa hari ke depan. Jangan terlalu memaksakan diri melaut jika cuaca sedang tidak bagus,” ungkap Kasi Humas Ipda Suwarti, S.H, dikutip dari emsatunews.co.id senin (9/1/2023)

Baca juga : Antisipasi Cuaca Buruk, Kapolda Babel Ingatkan Kapolres Jajaran Monitor Wilayahnya

Kasi Humas Ipda Sumarti mengatakan kemungkinan bisa saja terjadi angin kencang secara mendadak yang mengakibatkan gelombang tinggi sehingga perlu dihindari bahaya yang terjadi di laut akibat tinggi gelombang.

“Ini merupakan sebuah peringatan dini untuk kita, khususnya kepada para nelayan yang sering beraktivitas di laut harus selalu waspada dan memantau perkembangan terkini prakiraan cuaca tersebut,” jelasnya.

Ipda Sumarti mengimbau kepada nelayan yang hendak melaut untuk terlebih dahulu memeriksa kembali kondisi kapal atau perahu yang digunakan, selalu menggunakan life jacket, membawa alat navigasi, dan melihat cuaca sebelum berlayar sebagai upaya antisipasi dini hal-hal yang tidak diinginkan. Dan Jika mendapati cuaca buruk saat melaut, kami sarankan agar segera menepi ke daratan terdekat atau bersandar di pelabuhan agar keselamatan kapal dan ABK terjaga.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment