Polisi Masih Selidiki Kasus Peretasan WhatsApp Butet

12 December 2023 - 13:00 WIB
Foto: MPI/erfan Erlin

Tribratanews.polri.go.id - Yogyakarta. Kapolda DIY, Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., mengungkapkan bahwa ada akses ilegal dalam kejadian peretasan akun WA dan nomor telepon seluler milik budayawan Butet Kartaredjasa. Saat ini Kepolisian pun masih melakukan penyelidikan.

"Sementara masih penyelidikan," jelas Kapolda DIY, Senin (11/12/23).

Kapolda juga menjelaskan bahwa pihaknya langsung berupaya membantu begitu mengetahui kabar diretasnya akun WA dan nomor telepon seluler milik Butet.
Baca Juga: Debat Perdana Pilpres 2023 Digelar Pukul 19.00 WIB

"Kita lihat status beliau di salah satu medsos, kan kita sudah kenal dan memang sering komunikasi, kita cek, kita kirim ahlinya supaya ngecek 'ada apa sih', terus dibantu untuk mengembalikan WA tersebut," jelasnya lebih lanjut.

Jenderal Bintang Dua itu juga mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil pengecekan oleh Kepolisian, adanya akses secara ilegal yang mencoba masuk ke akun WA milik Butet. Terhadap kejadian ini menurutnya terus dilakukan penelitian dan menjadi atensi pihak kepolisian agar tak terjadi hal serupa.

"Ada yang menggunakan akses ilegal untuk itu sedang dilihat oleh tim untuk akses ilegalnya seperti apa, ini sedang dalam penelitian. Itu yang menjadi concern juga buat kita Polda melakukan pencegahan," tutup Kapolda.

(my/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment