Polda NTT Gelar Debat Hukum untuk Mahasiswa demi Tingkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa Sekota Kupang

28 May 2024 - 17:30 WIB
Humas Polda NTT

Tribratanews.polri.go.id - Kota Kupang. Bidkum Polda NTT menyelenggarakan kegiatan debat hukum bagi mahasiswa fakultas hukum universitas dan sekolah tinggi se-Kota Kupang alam upaya memfasilitasi pertukaran gagasan dan pengetahuan tentang hukum serta meningkatkan kesadaran hukum di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum, di Hotel Sasando, Senin (27/5/24)

Debat hukum ini diadakan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 dan bertujuan menyediakan platform inklusif bagi mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan penalaran tentang hukum serta perannya dalam masyarakat. Tema debat yang diangkat adalah "Permasalahan Penegakan Hukum oleh POLRI," dengan fokus isu pada "Penyebaran Berita HOAX dan Penerapan Restorative Justice."

Baca Juga: Menteri Budi Arie Ajak DCO Majukan Ekonomi Digital di Negara Berkembang

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Kabidkum dan jajarannya atas persiapan dan penyelenggaraan kegiatan ini. Kapolda menegaskan bahwa mahasiswa adalah agen perubahan yang memiliki potensi besar dalam memperkuat sistem hukum dan penegakan hukum di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa dapat menuangkan ide dan gagasan, serta mampu mengeksplorasi isu-isu hukum faktual yang sedang terjadi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyediakan platform inklusif bagi peserta untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan penalaran hukum," jelas Irjen Pol Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga.

Irjen Pol Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga menyampaikan Apresiasi dan terima kasih kepada para pimpinan universitas negeri dan swasta serta civitas akademik yang telah berperan besar dalam membina dan membentuk karakter mahasiswa.

"Saya yakin bahwa mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini adalah orang-orang pilihan terbaik yang telah melalui proses penjurian ketat oleh mentor dan civitas akademik masing-masing perguruan tinggi," ungkap Kapolda NTT.

Diakhir sambutannya Kapolda NTT mengucapkan selamat berkompetisi kepada seluruh peserta debat hukum dan berharap acara ini berlangsung tertib, aman, dan lancar. Pemenang debat ini akan diikutsertakan dalam kompetisi tingkat regional dan selanjutnya di tingkat nasional di Mabes Polri.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment