Polda Kalsel Optimalkan Rekrut Kalangan Difabel

24 January 2024 - 07:58 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.polri.go.id - Kalsel. Polda Kalsel menyatakan akan mengoptimalkan kuota perekrutan para difabel yang bercinta-cita menjadi anggota Polri.

"Kami ingin adik-adik penyandang disabilitas yang berminat menjadi anggota Polri bisa mendaftar sebanyak-banyaknya agar Kalsel bisa optimal mengambil kesempatan ini," ujar Karo SDM Polda Kalsel Kombes. Pol. Muhammad Arif Sugiarto dikutip dari Antara, Selasa (23/1/24).

Baca Juga: 5 KKB Intan Jaya tewas Ditembak TNI-Polri di Intan Jaya

Langkah inovatif itu, ujarnya, merupakan komitmen Polri untuk mewujudkan kesetaraan bagi seluruh warga negara termasuk penyandang disabilitas. Oleh karenanya, para difabel harus memanfaatkan kesempatan emas pada pembukaan rekrutmen calon anggota Polri tersebut, terutama bagi difabel yang selama ini bercita-cita menjadi polisi.

"Tentu ada kriterianya yang dicari sesuai kebutuhan Polri, jadi yang diutamakan kompetensinya unggul pada satu bidang sehingga kekurangan kondisi fisiknya tidak menjadi masalah," jelasnya.

Diketahui pada 2023, Polda Kalsel secara total merekrut sebanyak 654 anggota Polri melalui berbagai jalur pendidikan. Dirinci, Akademi Kepolisian (Akpol) sebanyak 10 orang, siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) mencapai satu orang, Bintara (591 orang), Bintara Rekpro (22 orang) dan Tamtama (30 orang).

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment