Polda Jambi Tuntaskan 5.271 Kasus Kriminalitas Sepanjang 2023, Salah Satunya Sabu Cair Seberat 264 Kg

31 December 2023 - 17:30 WIB
sumbar.inews.id

Tribratanews.polri.go.id - Jambi. Polda Jambi berhasil ungkap 7 kasus besar selama 2023. alah satunya pengungkapan kasus sabu cair seberat 264 kilogram dari luar negeri, dari kasus tersebut satu orang berkewarganegaraan Iran berhasil diamankan tim Ditresnarkoba Polda Jambi.

"Barang haram tersebut nilai ekonomisnya bisa mencapai Rp347 miliar," ujar Kapolda Jambi, Irjen. Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si., Sabtu (30/12/23).

Irjen. Pol. Drs. Rusdi Hartono mengatakan bahwa pengungkapan kasus sabu cair ini merupakan hasil kerja sama antara Ditresnarkoba Polda Jambi dengan Direktorat Tindak Pidana IV/Narkoba Bareskrim Polri dan Ditresnarkoba Polda Banten.

"Ini yang terbesar di Indonesia. Bahkan, tersangka warga negara asing (WNA) Iran berinisial NB bin MS berusia 32 tahun berhasil diamankan di perairan Banten pada Mei lalu," ungkap Irjen. Pol. Drs. Rusdi Hartono.

Baca Juga: Polisi : Jalur Lintas Barat Riau-Sumbar Kembali Dibuka, Pengendara Diminta Tetap Hati-hati

Sementara itu, untuk kasus lain, pada Maret 2023 Ditresnarkoba mengungkap 30 kg sabu dan pil ekstasi sekitar 14.000 butir. Kemudian, pada April 2023, Ditreskrimsus mengungkap kasus penambangan emas tanpa ijin (PETI) dengan jumlah barang bukti emas sebanyak 3 kilogram atau senilai Rp3 miliar.

"Pada bulan Juli 2023 Ditreskrimsus juga berhasil mengamankan 32 BBM ilegal di wilayah Provinsi Jambi, selain itu pada bulan Agustus lalu Polda Jambi juga berhasil mengungkap kasus pencurian motor sebanyak 52 unit lintas provinsi. Untuk kasus tindak pidana korupsi, Ditreskrimsus Polda Jambi berhasil mengungkap kasus korupsi PT Pelindo Jambi senilai Rp3,9 miliar dengan sejumlah tersangka," ungkap Kapolda Jambi.

Kapolda Jambi mengatakan sangat mensyukuri angka kriminalitas di wilayah hukum Polda Jambi pada tahun 2023 sudah menurun jika dibandingkan dengan 2022.

"Berdasarkan catatan Polda Jambi, pada tahun 2023 ada 5.271 kasus kriminalitas. Jumlah tersebut turun dibandingkan tahun 2022," tutup Kapolda Jambi.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment