Polda Banten Kerahkan 1.184 Personel Untuk Program Polisi RW

14 June 2023 - 21:30 WIB
Antara

Tribratanews.polri.go.id - Banten. Polda Banten mengerahkan 1.184 personel untuk menjadi Polisi RW. Ribuan personel ini akan bertugas memberikan rasa aman kepada masyarakat setempat.

"Untuk jumlah polisi RW di seluruh Polda Banten kurang lebih ada 7.540 personel. Kalau untuk di Polresta Tangerang kurang lebih 1.184 personel," ungkap Wakapolda Banten Brigjen. Pol. M. Sabilul Alif seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/6/23).

Baca Juga: Sering Alami Tremor? Simak Penyebab yang Biasa Terjadi

Pembentukan Polisi RW ini, jelas Wakapolda, bertujuan untuk membangun komunikasi dengan seluruh elemen di tingkat RW, sehingga mereka lebih intensif dalam deteksi dan antisipasi sekaligus mereduksi seluruh permasalahan di tengah masyarakat. Selain itu, dengan hadirnya Polisi RW dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi di warga melalui musyawarah atau mufakat antar warga.

"Polisi RW dibuat untuk memberikan solusi kepada masyarakat, sehingga permasalahan-permasalahan tidak harus dilaporkan ke polisi di level Polres atau Polda. Dan dapat menyelesaikan dengan unsur-unsur pimpinan di RW ini," ungkapnya.

Untuk diketahui, program Polisi RW terbentuk atas inisiasi Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) Komjen Pol Mohammad Fadil Imran yang saat itu menjadi Kapolda Metro Jaya, DKI Jakarta, melihat suatu permasalahan saat penanggulangan pandemi COVID-19.

(ay/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment