Polda Bali Gelar Operasi Nusantara Cooling System Guna Redam Potensi Eskalasi Konflik Sosial Menjelang Pemilu 2024

24 January 2024 - 22:00 WIB
tribunbali.com

Tribratanews.polri,go.id - Denpasar. Polda Bali gelar “Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024” dalam upaya Preemtif dan Preventif untuk meminimalisir terjadinya potensi konflik sosial di tengah masyarakat menjelang dan sesudah Pemilu.

"Di sini Polri diharapkan dapat mendeteksi dan mencegah lebih awal agar masyarakat tidak terpecah belah dan tetap menjaga persatuan bangsa walaupun memiliki pilihan yang berbeda dalam Pemilu 2024," jelas Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan,. S.I.K., M.H., Selasa (23/1/24).

Baca Juga: Polda Malut Komitmen Mewujudkan Pemilu Aman dan Damai

Kabid Humas Polda Bali mengungkapkan bahwa Operasi Cooling System ini diharapkan menjadi strategi agar Pemilu 2024 dapat berlangsung aman dan damai, serta persatuan dan kesatuan Bangsa tetap terjaga.

Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan mengatakan bahwa NCS yang dipimpin langsung oleh, Irjen Pol. Edi Suheri, selaku Kaops NCS yang menekankan bahwa NCS memiliki tugas pokok untuk meminimalisir isu-isu provokatif berlatar belakang SARA, baik yang terjadi di tengah masyarakat maupun di ruang Siber yang dipimpin oleh Pola Operasi NCS mengutamakan tindakan Preemtif dan Preventif dengan sasaran yaitu potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata.

"Dengan target operasi yaitu orang, kelompok, tempat kegiatan dan benda serta cara bertindak dengan deteksi, pembinaan masyarakat, Patroli dialogis dan Patroli Siber, serta sosialisasi dan bantuan Operasi," jelasnya.
(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment