Peringati HUT Bhayangkara Ke - 78, Polda Jatim Gelar Tour de Panderman

21 April 2024 - 14:00 WIB
istimewa

Tribratanews.polri.go.id - Surabaya. Balap sepeda bertemakan Tour de Panderman bakal digelar di Jatim, Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., menjelaskan balap sepeda dengan tema Tour de Panderman akan digelar pada hari Sabtu, 8 Juni 2024. Event ini bakal menggandeng sejumlah komunitas sepeda di di Jatim.

"Kegiatan ini menyambut Hari Bhayangkara ke-78 Polda Jatim, baru pertama kali digelar (oleh Polda Jatim) secara resmi telah dibuka pendaftarannya," jelasnya, dilansir dari detik, Sabtu (20/4/24).

Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kembali minat masyarakat dalam bersepeda. Mengingat, ada beberapa event serupa yang juga digelar setiap tahunnya di Jatim.

Baca Juga: Satbrimob Polda Banten Terjunkan Puluhan Personel Dalam Pengamanan Kunker Wapres RI

"Olahraga balap sepeda ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun dengan bersepeda dari Polda Jatim ke Batu, selain itu juga mengenalkan daerah yang dilintasi," tambahnya.

Balap sepeda Tour de Panderman akan melintasi 6 kota/kabupaten. Dimulai dari Surabaya, lalu melintasi Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Kota Malang, dan berakhir di Batu. Seluruh daerah itu bakal dilintasi pesepeda dengan menempuh jarak sekitar 100 kilometer.

Selain olahraga, ada potensi ekonomi yang bisa diangkat. Mulai dari UMKM hingga wisata. Bahkan, peserta juga akan merebutkan piala Kapolda Cup.

Untuk target peserta, kepolisian menargetkan sekitar 1.500 orang. Tak hanya diikuti polisi, kegiatan itu juga diperuntukkan umum. Untuk kelas race, akan ada 8 kelas yang dilombakan mulai dari junior hingga kelas senior.

"Seluruh atlet-atlet bersepeda dan para komunitas yang ada yang terbagi dalam 2 kejuaraan yaitu race dan non race," ungkapnya.

Diharapkan kegiatan olahraga bersepeda ini nantinya bisa dilanjutkan oleh Kapolda Jatim selanjutnya. Begitu pula menjadi agenda tahunan dalam memperingati hari Bhayangkara.

"Kegiatan ini juga untuk mencari bibit atlet bersepeda untuk Provinsi Jatim," tutupnya.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment