Pembangunan Kepariwisataan, Kapolda Sumut Fasilitasi Penyerahan Tanah Ompu Bantulan Manurung

16 September 2022 - 21:12 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Medan. Kapolda Sumut, Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si., didampingi Kajati Sumut, Idianto menyerahkan fotokopi surat dari keturunan Ompu Buntulan Manurung berisi penyerahan tanah seluas 100 hektar lebih kepada pihak Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Penyerahan fotokopi surat untuk mendukung pembangunan pariwisata ini diterima oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Direktur BPODT Jimmy Bernando Panjaitan. Kegiatan ini dilakukan di ruang Panatapan Rumah Dinas Bupati Toba, Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (15/9/22).

Sebelumnya, kenapa yang diserahkan masih fotokopi, menurut Kapolda Sumut, pihak Ompu Buntulan Manurung melalui Managam Manurung telah melakukan pertemuan di kantornya.

Saran dari beliau agar managamlah yang memberikan secara resmi suratnya kepada BPODT dan Pemkab Toba.

"Nanti agar dibuat acara pesta adat sebagai penyerahan tanah ini," ujar Jenderal Bintang Dua itu.

Pihak Ompu Buntulan dalam suratnya, lanjut Kapolda Sumut juga menyertakan beberapa permintaan diantaranya agar BPODT mempekerjakan warga keturunan Ompu Buntulan, mengukur ulang luas tanah dan membangun jalan di sekitar lokasi.

Disebutkan juga bahwa keturunan Ompu Buntulan telah diputuskan Pengadilan Negeri Balige pemilik sah atas tanah seluas 106,9 hektar tanah Lajangan di Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Menyusul hasil putusan ini, pihak Ompu Buntulan pun kemudian beritikad baik dengan membuat surat penyerahan tanah kepada pembangunan pariwisata melalui BPODT.

Kajati Sumut dalam kesempatan ini mengapresiasi langkah positif Kapolda Sumut yang berinisiatif melakukan pendekatan secara kekeluargaan hingga terealisasi surat penyerahan tanah untuk pembangunan pariwisata ini.

Kepada jajarannya, Kajati Sumut menyampaikan agar pihak Kejaksaan Negeri Balige di bawah pimpinan Samsul Kasim, S.H., M.H., agar turut mengawal proses penyerahan surat ini.

Menanggapi langkah awal yang baik ini, Bupati Toba menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolda Sumut dan semua pihak di mana selanjutnya dengan pendampingan Forkopimda Kabupaten Toba diharapkan proses selanjutnya dilaksanakan dengan secepatnya.

Share this post

Sign in to leave a comment