Pemanfaatan AI Dinilai Sangat Agresif di Sektor Jasa Keuangan

12 October 2024 - 10:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria, S.Fil., M.Sc., M.B.A., mengungkapkan bahwa pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di Indonesia, dinilai sangat agresif, khususnya untuk sektor jasa keuangan.

Dikutip dari laman RRI, ia mengungkapkan bahwa sektor layanan keuangan telah menerapkan teknologi dan AI dalam pengelolaan data pengguna jasa. Hal itu merupakan langkah baik untuk memanfaatkan perkembangan teknologi.

"Cukup agresif juga ya adopsi (AI) ini. Hampir semua financial services itu memakai teknologi machine learning dan AI untuk mengolah big data yang mereka punya," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Kamis (10/10/24).

Bahkan pemanfaatan teknologi AI pada sektor tersebut telah diterapkan pada Customer Relations Management (CRM). Namun tidak hanya sektor layanan keuangan, pemanfaatan teknologi AI juga dilakukan pada sejumlah sektor lainnya, termasuk sektor kesehatan.

"Luar biasa (pemanfaatan AI) termasuk membuat proyeksi, prediksi dan menajamkan layanan sampai ke unit-unit terkecil gitu, dan itu sangat membantu. Transportasi juga (memanfaatkan AI), kesehatan juga, telemedicine sekarang 'kan berkembang luar biasa," ujarnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment