Pastikan Berjalan Lancar, Kapolda Kaltara Tinjau Pemilihan Suara Ulang di Kota Tarakan

14 July 2024 - 18:00 WIB
Dok. Polda Kaltara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pemilihan suara ulang (PSU) di Dapil 1 Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan dilaksanakan pada, Sabtu (13/7/24) merupakan bagian dari Pemilu 2024. 

PSU di Dapil 1 Kota Tarakan dilaksanakan setelah MK (Mahkamah Konstitusi), mengabulkan gugatan PHPU dari salah satu Caleg DPRD Kota Tarakan pasca pelaksanaan Pileg tanggal 14 Februari 2024 yang lalu.

Pemilihan suara ulang ini diadakan di seluruh TPS yang ada di Dapil 1 Kota Tarakan sebanyak 194 TPS.

Polres Tarakan selaku Kepolisian yang membawahi langsung pengamanan pelaksanaan PSU diback up oleh Personil Polda Kaltara telah melaksanakan pengamanan dan pengawalan mulai dari pergeseran kotak suara dari gudang KPU Kota Tarakan ke PPS pada hari Jumat tanggal 12 Juli 2024 dan pergeseran dari PPS ke KPPS.

Pelaksanaan monitoring TPS dilakukan dengan tujuan memantau situasi secara langsung jalannya proses pemungutan suara ulang di TPS dan juga pelaksanaan pengamanan yang dilakukan oleh Personil Polri yang telah ditugaskan.

Adapun itu, TPS yang disambangi oleh Kapolda Kaltara yaitu TPS 01, TPS 27 dan 28, TPS 10 dan TPS 43.

Dalam sambang tersebut, Kapolda Kaltara melaksanakan wawancara singkat dengan petugas KPPS dan warga serta Personil Pam TPS.

Kemudian, Kapolda Kaltara menekankan Personil Pam TPS agar melaksanakan tugas pengamanan dengan baik, selalu melaporkan situasi dan berkoordinasi dengan Posko Ops Mantap Brata Kayan.

Setelah selesai pelaksanaan monitoring, Kapolda Kaltara melaksanakan standby di Posko Ops Mantap Brata Kayan di Polres Tarakan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment