Mitigasi Bencana, Kemensos Gelar Apel Kesiapsiagaan Tagana

19 October 2024 - 14:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kemensos kumpulkan ribuan personel Tagana dari provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat. Para Taruna Siaga Bencana (Tagana) itu mengikuti apel untuk melakukan upaya mengurangi risiko bencana atau mitigasi bencana.

"Apel kesiapsiagaan Tagana tahun 2024. Kita laksanakan hari ini merupakan bentuk komitmen kemensos dalam upaya pencegahan dan mitigasi bencana," ujar, Direktur Jendral Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Agus Zainal Arifin, dilansir dari laman RRI, Jumat (18/10/24).

Dalam kesempatannya ia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaga semangat dan kesiapsiagaan Tagana. Sehingga ia berharap agar para Tagana senantiasa menjaga semangat kebersamaan dan kepedulian.

Tagana merupakan garda terdepan dalam memberikan perlindungan dan pengungsian bagi masyarakat terdampak bencana. Tagana adalah relawan sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana.

Menurutnya total ada sebanyak 1.500 personel Tagana dari Jakarta dan Jawa Barat yang mengikuti apel. Termasuk 300 personel dari Kampung Siaga Bencana dan 100 orang dari Banser Siaga Bencana.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment