Michael Walker Ungkap Fakta Mengejutkan, ULMWP Merasa Tertipu dengan Isu Papua Merdeka

23 October 2024 - 18:52 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Papua- United Liberation Movement for West Papua atau ULMWP mengungkapkan fakta terbaru soal strategi isu Papua merdeka di kawasan Pasifik Melanesia.

Dibeberkan Michael Walker, selaku perwakilan ULMWP bahwa pihaknya merasa tertipu lantaran penggunaan strategi isu Papua merdeka di kawasan Pasifik Melanesia hanya untuk mendapatkan keuntungan bantuan ekonomi dan dana dari Indonesia.

Michael Walker menerangkan, ULMWP merupakan organisasi yang mewakili aspirasi kemerdekaan masyarakat Papua.

Dalam beberapa tahun terakhir, ULMWP telah berupaya memanfaatkan isu Papua merdeka di kawasan Pasifik Melanesia untuk mendapatkan dukungan internasional.

Namun, seiring berjalannya waktu, ULMWP merasa tertipu karena strategi tersebut tampaknya lebih menguntungkan bagi negara-negara Pasifik daripada bagi perjuangan mereka sendiri.

"Isu Papua merdeka telah menjadi sorotan internasional. Banyak pihak menganggapnya sebagai bagian dari perjuangan hak asasi manusia. Dan ULMWP berusaha menjalin aliansi dengan negara-negara di kawasan Pasifik Melanesia, seperti Vanuatu dan Solomon Islands, yang memiliki sejarah panjang dalam mendukung gerakan dekolonisasi," katanya.

"Dengan menjadikan Papua sebagai isu global, ULMWP berharap dapat memperoleh dukungan politik dan ekonomi yang signifikan".

Walaupun ULMWP memiliki niat baik dalam mengangkat isu ini, banyak negara di kawasan Pasifik menggunakan situasi tersebut untuk kepentingan mereka sendiri.

Kata Michael Walker, dukungan yang diberikan kepada ULMWP sering kali berlandaskan pada kepentingan politik dan ekonomi negara tersebut, bukan semata-mata untuk membantu masyarakat Papua.

ULMWP merasa tertipu ketika menyadari bahwa strategi mereka yang bertujuan untuk mendapatkan dukungan dan dana justru dimanfaatkan oleh negara-negara Pasifik demi kepentingan politik mereka.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment