Menteri Perhubungan Tekankan SDM Sektor Transportasi Beradaptasi Ikuti Perkembangan

4 October 2024 - 10:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Perhubungan (Menhub), Dr. (H.C.) Ir. Budi Karya Sumadi, mengungkapkan bahwa Sumber daya manusia (SDM) sektor transportasi harus beradaptasi mengikuti perkembangan industri tersebut. Karena itu, peningkatan kualitas SDM bidang transportasi harus terus ditingkatkan agar lebih berkualitas.

"Keberhasilan sektor transportasi sangat bergantung pada SDM berkualitas yang mampu merancang hingga mengeksplorasi sistem transportasi," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Kamis (3/10/24).

Dalam keterangannya ia mengungkapkan bahwa pembangunan masif pada sektor transportasi telah memperkuat fondasi ekonomi dan sosial Indonesia selama 10 tahun terakhir. Pencapaian besar ini meliputi pembangunan infrastruktur fisik dan transformasi digital.

"Karena itu, SDM transportasi harus terus mengembangkan diri agar mampu beradaptasi di tengah perubahan zaman yang begitu cepat," ujarnya.

Hal itu dapat dilakukan melalui program pendidikan dan pelatihan untuk mewujudkan sistem transportasi inovatif dan berkelanjutan.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Padjadjaran Bandung, Ida Nurlinda, menyatakan SDM transportasi berkualitas berperan strategis sebagai agen-agen pembangunan sektor tersebut.

"Kolaborasi antara akademisi, praktisi, dan pemerintah sangatlah penting untuk menghasilkan tenaga profesional yang mampu menghadapi tantangan," tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment