Menlu RI: Agenda KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo

6 May 2023 - 12:30 WIB
Foto: cnnindonesia

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta.  Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi membeberkan sederet agenda sebelum dan saat konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo yang akan berlangsung pada 10-11 Mei mendatang. Namun, ada sejumlah kegiatan yang digelar sebelum pertemuan puncak tersebut.

"Pada 8 Mei 2023 Pertemuan CPR (para Dubes/Watap ASEAN) plus Senior Officials Meeting, 9 Mei 2023 Pertemuan Menlu, 10 dan 11 Mei KTT ASEAN ke-42," ungkap Retno saat konferensi pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jumat (5/5/23).

Sebelum rangkaian tersebut, Retno mengatakan terdapat pula pertemuan di tiga pilar utama ASEAN, yaitu ASEAN Political-Security Community (APS), ASEAN Economic Community (AEC), dan ASEAN Socio Cultural Community (ASCC).

Dalam kesempatan itu, Retno juga mengatakan saat KTT akan ada delapan pertemuan. Tujuh diantaranya dipimpin Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Pada 10 Mei, terdapat 5 pertemuan yakni KTT dalam bentuk Pleno, Interface dengan AIPA (Parlemen), Interface dengan Youth, Interface dengan ABAC (Bisnis), dan Interface dengan HLTF (High-Level Task Force). Di hari kedua atau 11 Mei akan ada 3 pertemuan, di antaranya KTT dalam bentuk Retreat dan dua pertemuan sub regional.

Baca Juga:  Komando Mobile Korlantas Polri Siap Berikan Pengamanan Rute dan Pengawalan dalam KTT Asean Summit

Dua pertemuan sub regional itu adalah Indonesia-Malaysia-Thailand Segitiga Pertumbuhan (IMT GT) yang akan dihadiri ketiga negara, serta Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth (BIMP-EAGA) yang akan dipimpin Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Selain KTT di 10-11 Mei, pada paruh kedua 9 Mei, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral.

"Sejauh ini yang sudah ada di program/schedule kita adalah pertemuan dengan Vietnam, Laos, Timor Leste, dan Malaysia," jelas Retno seperti dilansir dari cnnindonesia Sabtu (6/5/23).

Sementara itu, Retno mengungkapkan di tingkat Menlu, pada 9 Mei akan ada pertemuan Menteri Luar Negeri. Pertemuan ini bakal didahului dengan Working dinner pada 8 Mei 2023 malam. Dalam jumpa pers ini, penyelenggaraan KTT ASEAN bisa berjalan dengan lancar.

"Bismillah, mudah-mudahan Allah memberi kemudahan sehingga KTT ke-42 ASEAN berjalan lancar dan mendatangkan manfaat bagi rakyat ASEAN," terang Retro.

Tahun ini, Indonesia menjadi ketua ASEAN. Pada KTT kali ini, RI mengusung tema ASEAN Matters: epicentrum of growth.

Dalam setahun, KTT ASEAN akan berlangsung dua kali. KTT ke-42 akan diselenggarakan di Labuan Bajo, NTT, pada 10-11 Mei 2023. Sementara pertemuan puncak ke-43 bakal digelar di Jakarta pada 5-7 September 2023.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment