Menkopolhukam Dukung ASEAN Jadi Pusat Ekonomi Dunia

10 October 2024 - 18:00 WIB
Source foto : antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mendukung upaya ASEAN dalam rangka menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Dukungan itu ditunjukkan Menko Polhukam dalam forum KTT ASEAN ke-44 di Vientiane, Laos, Rabu.

Menko Polhukam menjelaskan dukungan itu diberikan untuk mendorong cita-cita ASEAN seperti yang disampaikan Wakil Presiden sekaligus Ketua Delegasi RI Ma'ruf Amin. Negara di wilayah ASEAN harus tumbuh menjadi keluarga besar untuk menghadapi perkembangan situasi politik dan perekonomian dunia.

Mantan Panglima TNI ini pun telah merencanakan beragam langkah untuk mendukung cita-cita Asean seperti yang digambarkan Ma'ruf Amin, salah satu langkahnya yakni memperkuat koordinasi antara kementerian dan lembaga guna menjadikan Indonesia maju di beragam bidang.

"Memperkuat koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian bersama K/L terkait untuk mendorong implementasi dan pengarusutamaan AOIP," kata Menkopolhukam, dalam siaran pers, Rabu (9/10).

Dengan upaya tersebut, Menkopolhukam optimistis Indonesia akan menjadi salah satu negara yang memimpin perubahan Asean menjadi pusat pertumbuhan perekonomian dunia.

ASEAN harus tetap relevan dengan perkembangan zaman agar dapat menggapai cita-cita menjadi pusat perekonomian dunia. ASEAN memerlukan dayung kebersamaan, dengan menjaga stabilitas kawasan untuk masa depan melalui pengarusutamaan ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP).

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment