Menko Marves Sebut Hari Maritim Nasional Momentum Tingkatkan Kekuatan Maritim

23 September 2024 - 17:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., mengatakan bahwa Hari Maritim Nasional Ke-60 momentum pentingnya meningkatkan kekuatan maritim. Dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan sejahtera di tengah semakin ketatnya persaingan global saat ini.

"Pembangunan di bidang maritim harus menjadi agenda strategis untuk memperkuat daya saing bangsa saat ini," ujarnya, dalam pesan videonya yang diunggah di laman Instagram Kemenkomarves, Senin (23/9/24).

Dilansir dari laman RRI, ia mengungkapkan pihaknya terus bekerja keras, untuk memastikan bahwa program-program pembangunan kemaritiman terus diimplementasikan .

Baca Juga: Polisi Jelaskan Kronologi Diduga Awal Mula Remaja Melompat ke Kali Bekasi

"Ada banyak program prioritas yang menjadi fokus kami dalam menjawab tantangan da kebutuhan zaman," ujarnya.

Sejumlah hal yang dilakukan, mulai dari pembangunan infrastruktur pelabuhan, meningkatkan konektivitas kemaritiman.

Hingga, meningkatkan ekonomi berbasis kelautan. "Semua dilakukan juga dengan digitalisasi, untuk membuat investasi kita lebih efisien," jelasnya.

Dalam keterangannya ia menyampaikan, Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia. Menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di dunia bahari.

"Selama berabad-abad kita sempat kehilangan identitas akibat kolonialisme dan kejayaan nenek moyang kita," jelasnya.

Ia menyebutkan bahwa hal itu, harus menjadi inspirasi bagi generasi sekarang dan mendatang. Dengan 2/3 wilayah Indonesia yang merupakan lautan. "Potensi ini harus dimanfaatkan secara optimal," tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment