Menkes Siap Koordinasi dengan Menlu Soal Bantuan Kesehatan ke Gaza

10 October 2023 - 13:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan siap berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait serangan di Gaza, Palestina. Serangan tersebut mengakibatkan Rumah Sakit Indonesia mengalami kerusakan.

"Belum terima laporan di Gaza (terkait Rumah Sakit Indonesia rusak). Belum terima," ujar Menkes Budi Gunadi dalam keterangan singkat, Selasa (10/10/23).

Menkes lantas menjelaskan, terkait pengiriman bantuan untuk Gaza, Kemenkes siap berkoordinasi dan mengikuti kebijakan dari Kemenlu.

Baca Juga:  Meningkatnya Eskalasi Konflik Palestina-Israel, Pemerintah Indonesia Siapkan Rencana Kontingensi

"Kalau saya, ikutin Bu Menlu kebijakannya. Semua warga negara kita harus dilindungi," ujar Menkes Budi.

Menkes mengatakan, tentu dirinya akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan Menlu Retno Marsudi. "Nanti saya kontak Bu Menlu untuk koordinasi," ungkap Menkes.

Akibat serangan tersebut, satu orang yang merupakan pekerja di RS Indonesia meninggal dunia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Palestina, setidaknya 198 warga Palestina yang tewas di Jalur Gaza akibat serangan dari Israel ini. Korban luka setelah serangan tersebut dilaporkan lebih dari 1.600 orang warga Palestina. Dari sisi Israel, serangan Hamas Palestina menewaskan sekitar 70 orang dan melukai 545 orang.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment