Libur Panjang Maulid Nabi, Korlantas Polri Siagakan 160 Ribu Personel

27 October 2020 - 08:52 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Korlantas Polri menerjunkan 160.916 personel aparat gabungan dalam pengamanan libur panjang Maulid Nabi dan kegiatan Operasi Zebra 2020. Adapun konsep Operasi Zebra mengedepankan pendekatan persuasif mengingat situasi pandemi COVID-19.

"Konsep operasi yang digelar mengedepankan upaya-upaya edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat. Operasi Zebra dilaksanakan secara simpatik, persuasif, dan humanisme mengingat dalam kondisi pandemi COVID-19," jelas Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Senin (26/10/20).

Irjen Pol Istiono menjelaskan personel gabungan terdiri dari 94.170 polisi, 24.448 prajurit TNI dan unsur terkait lainnya sebanyak 42.298 orang dan ada 645 pos keamanan dan pos terpadu selama libur panjang akhir pekan nanti, pos-pos tersebut tersebar di jalur tol, tempat istirahat atau rest area, jalur arteri, lokasi wisata dan jalur alternatif serta pelabuhan penyeberangan.

Irjen Pol Istiono juga menjelaskan pihaknya telah membuat sejumlah antisipasi apabila terjadi lonjakan arus kendaraan saat libur panjang kali ini. "Di antaranya pengaturan contraflow, pengaturan buka-tutup rest area, pengaturan gerbang tol dengan menambah petugas dan pengaturan di kapal penyeberangan," terang Kakorlantas.

(bg/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment