Lemkapi Ungkap Polantas Merupakan Baromater Pelayanan Polri

25 September 2022 - 09:43 WIB


Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Direktur Eksekutif Lemkapi, Dr Edi Hasibuan menjelasksn bahwa Polantas merupakan baromater pelayanan Polri. Sehingga perintah Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., agar para Kapolda menertibkan pelayanan Polantas untuk memperbaiki citra institusi Kepolisian di tengah masyarakat merupakan tindakan sangat tepat.

"Berdasarkan pengamatan kami selama ini, Polantas paling banyak disorot oleh masyarakat. Kinerja Polantas adalah barometer pelayanan Polri," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu malam.

Menurut pemerhati Kepolisian ini, untuk meningkatkan citra, Polri harus memberikan pelayanan yang semakin baik.

"Inovasi tilang elektronik dan layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) 'online' sudah sangat baik. Namun pada sisi lainnya dibutuhkan berbagai inovasi baru pelayanan," katanya.

Edi Hasibuan minta seluruh jajaran Polantas terus berbenah dengan membuat berbagai inovasi dalam mempercepat pelayanan yang transparan dan akuntabel di tengah masyarakat.

Selain itu, dosen di Universitas Bhayangkara Jakarta ini meminta seluruh jajaran Polantas agar tidak mengedepankan penegakan hukum di jalan raya, tapi memperbanyak edukasi dan penyuluhan berlalu lintas kepada pengguna jalan.

"Istilah 'jebakan batman' terhadap pengguna jalan harus dihilangkan," katanya.

Share this post

Sign in to leave a comment