Kisah Inspiratif Perwira Polisi di NTB Bangun Pondok Pesantren untuk Warga di Bima

21 February 2024 - 15:00 WIB
humas polda ntb

Tribratanews.polri.go.id - Lombok. Kisah inspiratif dari seorang perwira polisi, Iptu H Abu Bakar yang bertugas di Polres Bima, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Perwira asal Desa Lewintana Kecamatan Soromandi ini telah membangun Pondok Pesantren (Ponpes) Al Azis.

Ponpes yang dibangun sejak 1 September 2020 itu kini sudah terdapat 60 santri dan santriwati. Ponpes itu dibangun di RT 01 RW 01, Lingkungan Manggemaci, Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda, Kota Bima.

Perwira Polres Bima itu menceritakan perjuangannya membangun Ponpes. Ia mengaku, Ponpes yang dibangunnya tersebut tentu tidak mudah dan melewati segala proses dimulai dari nol.

Baca Juga: Polisi Kerahkan Personel Bantu Penanganan Banjir di Serdang Bedagai

“Semua kami lakukan dengan perjuangan, hingga akhirnya Ponpes kini bisa berdiri dan beroperasi,” kata Iptu Abu Bakar saat Ditemui Minggu (18/02/2024).

Ponpes Al Azis yang dibangun, kini dapat menampung 60 santri dan santriwati. Selain itu, Iptu Abu Bakar juga mampu mendatangkan guru-guru dari Pulau Jawa.

“Sebagai polisi, saya harus mampu membagi waktu dengan baik. Meski sibuk mengurus santri di Ponpes Al Azis, saya juga tidak pernah melalaikan tugasnya sebagai seorang abdi negara,” ujarnya.

Seorang Pengurus Ponpes Al Azis Bapak Dodi Arifianto mengatakan bahwa Ponpes Al Azis memiliki beberapa program rutin dan ekstra kurikuler. Mulai dari kegiatan Tahfidz Al Quran untuk usia dini sampai pra remaja, pembinaan budi pekerti, pembinaan usia PAUD hingga pra remaja, pengajian Al Qur’an, dan pelajaran agama sesuai dengan kurikulum.

“Untuk kegiatan ekstrakurikulernya juga ada seperti, magang, sepak bola, pencak silat, dan kegiatan upacara di hari-hari besar nasional,” pungkasnya.
(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment