Keberhasilan KTT AIS Bawa Nama Baik Indonesia di Kancah Internasional

8 October 2023 - 11:06 WIB
Foto: Tribun Bali

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Apel gelar pasukan pengamanan KTT Archipelagic Island States (AIS) Forum 2023 telah digelar. Apel tersebut dilakukan guna memastikan kesiapan personel, materil, maupun sarana prasarana yang akan digunakan dalam kegiatan pengamanan KTT AIS.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melalui amanat yang dibacakan Pangkogabwilhan II menyebut, apel tersebut juga merupakan wujud komitmen dan keseriusan dalam bidang pengamanan para pimpinan dan kepala negara dari 51 negara-negara pulau dan kepulauan. Menurut Panglima, keberhasilan dan kesuksesan penyelenggaraan KTT AIS Forum yang dilaksanakan kali pertama ini, tidak hanya akan berdampak terhadap reputasi pasukan pengamanan, akan tetapi juga akan berdampak bagi reputasi bangsa Indonesia di kancah Internasional.

“Mari sekali lagi kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu menjalankan tugas pengamanan di event yang penting ini”, ujar Panglima TNI dalam keterangan tertulis, Minggu (8/10/23).

Baca Juga:  AIS Forum Wujudkan Solusi Masa Depan Laut Berkelanjutan

Mabes TNI dalam hal ini Kogabpadpam VVIP KTT AIS mengerahkan 13.290 prajurit TNI yang terdiri dari gabungan tiga matra. Sedangkan Polri melibatkan 4.286 personelnya untuk mengamankan jalannya KTT AIS.

Peserta apel terdiri dari berbagai personel Satuan Tugas yang meliputi Satgas Intelijen, Satgas Pengamanan Wilayah (Pamwil), Satgas VVIP, Satgas Passus (Pasukan Khusus), Satgasla (Satuan Tugas Laut), Satgasud (Satuan Tugas Udara), Satgas Bandara/Pelabuhan/Instalasi, Satgas Medis, Satgas Komlek (Komunikasi Elektronik), Satgas Pen (Penerangan), Satgas Evakuasi, Satgas VIP, dan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) Korps Musik (Korsik).

Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk pengamanan VVIP, di antaranya yaitu kendaraan Jammer, Mobil Chamber, kendaraan Ops Basarnas, Smart Hunter Satgasud, J- Force Passus, Jihandak Paspampres, Baracuda Polri, kendaraan Satwa Paspampres, kendaraan taktis Anoa Paspampres, kendaraan Air Patrol, Dump Truck, Becho Louder, Inkas Passus, Baracuda Polri, Nubika Paspampres, Bushmaster Passus, Mobil Komob Satgasud, Mobil Chamber Satgasla, Sea Raider Satgasla, Mobil Kawal, Ambulance Medis, Demax Ladder Passus, Mobil BPBD, Sepeda Motor Listrik, Mobil Listrik, Water Cannon, LC Armor Passus, D Max Ladder, dan Atav Passus.

(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment