Kapolres Biak Hadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024

25 November 2023 - 22:15 WIB
Foto : Humas Polda Papua

Tribratanews.polri.go.id - Biak. Sebagai wujud komitmen bersama untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pemilu, Polres Biak mengikuti Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kota Biak di Lapangan Cendrawasih Biak, jalan Sisingamangaraja, Mandala, Kec. Biak Kota, Kab. Biak Numfor, Jum'at (24/11/23).

Dalam kegiatan ini, Kapolres Biak AKBP Damianus Dedy Susanto, SH., S.I.K., MH., bersama dengan seluruh Forkopimda Kota Biak, KPU, Bawaslu dan Parpol kontestan Pemilu melakukan penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024 Kota Biak.

Kapolres Biak menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Biak Numfor. Dengan demikian, diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, dalam rangka menyukseskan pengamanan pemilu tahun 2024.

Baca Juga: Aipda Fandy Menjadi Pelopor Inovasi 'Polisi Mengajar' di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa beberapa waktu yang lalu Bapak Kapolda Papua menyampaikan kepada semuanya di tingkat provinsi terkait deklarasi damai di provinsi Papua, untuk itu kami semua dengan unsur terkait menindak lanjuti di tingkat kabupaten agar dalam tahapan pemilu tahun 2024 ini berjalan dengan damai. Pentingnya menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama proses pemilu komitmen kita bersama. Kehidupan deklarasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan. Sehubungan hal tersebut, kita melihat proses pendewasaan demokrasi sedang berlangsung yang dimulai dari tahap transisi demokrasi, dengan melakukan pembelajaran terhadap setiap prinsip-prinsip demokrasi, melalui penguatan dan pematangan dasar-dasar dalam kehidupan berdemokrasi, menuju konsolidasi demokrasi hingga tahap pemantapan demokrasi," ujar Kapolres.

Tambah Kapolres, inti dari pelaksanaan deklarasi kampanye pemilu damai tahun 2024 di kabupaten Biak Numfor ini yakni menunjukkan bahwa netralitas TNI dan POLRI sangat kuat, ini merupakan keseriusan kami khususnya Polres Biak Numfor untuk mengawal pilpres, pileg, dan Pilkada di Kabupaten Biak Numfor, persatuan dan kesatuan tidak boleh memisahkan kita, semangat Bhinneka Tunggal Ika tetap terbina dari Sabang sampai Merauke.

“Marilah kita jadikan moment deklarasi kampanye pemilu damai tahun 2024 di kabupaten Biak Numfor untuk menyatukan tekad dan komitmen, dalam rangka mengawal dan mengamankan serta menyukseskan pemilu tahun 2024," tegas Kapolres.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment