Kapolda Sumsel Lantik 167 Bintara Polri

12 July 2024 - 14:30 WIB
polda sumsel

Tribratanews.polri.go.id - Palembang. Kapolda Sumsel Irjen Pol. A Rachmad Wibowo memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah 167 Bintara Diktuba Polri gelombang I Tahun Anggaran 2024 di SPN Betung, Polda Sumsel, Kamis (11/7/2024).

Pelantikan ini menandai berakhirnya pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang I tahun anggaran 2024. Kapolda Sumsel secara resmi menyatakan penutupan pendidikan tersebut pada pukul 09.45 WIB. Dalam amanatnya yang membacakan pesan dari Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Purwadi Arianto, Kapolda Sumsel mengucapkan selamat kepada para Bintara yang telah lulus dan mendapatkan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda).

“Pada diri saudara telah melekat berbagai tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara negara. Berikan dedikasi terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa, dan negara. Syukuri, ini merupakan jawaban dari doa yang tulus para orang tua dan keluarga,” ujarnya.

Dengan tema ‘Pendidikan dan Pelatihan yang Melayani untuk Polri Presisi’, Kapolda Sumsel berharap para lulusan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Beliau menekankan pentingnya tugas Bintara dalam memelihara Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat, dan menegakkan hukum.

Kapolda Sumsel juga mengingatkan bahwa pendidikan selama 5 bulan adalah waktu yang singkat. Oleh karena itu, Bintara diminta untuk terus belajar, beradaptasi dengan perkembangan situasi, dan menghadapi tantangan tugas ke depan.

“Implementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara peroleh selama mengikuti pendidikan, terus kembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas,” tambahnya.

Selain itu, Kapolda Sumsel mengingatkan agar para Bintara menjaga kehormatan keluarga dan nama baik institusi kepolisian, serta bertindak sesuai pedoman kepolisian untuk menghindari tindakan yang merugikan.

"Jangan sia-siakan kesempatan emas ini, buat bangga orang tua kalian, jaga nama baik Institusi Polri dengan memberikan pelayanan terbaik. Lindungilah masyarakat dengan sepenuh jiwa raga saudara," tuturnya.

Pada acara ini, Bripda Muhammad Takwin dari Polrestabes Palembang meraih lulusan terbaik umum dengan nilai 76,94 dan nilai akademik 78,17. Bripda I Made Swastika dari Polres Prabumulih meraih ranking pertama bidang Mental Kepribadian dengan nilai 76,02. Sementara itu, Bripda Theo Evan Junior Sirait dari Polrestabes Palembang meraih ranking pertama bidang Kesamaptaan Jasmani dengan nilai 76,72.

Pelantikan ini turut dihadiri oleh Ketua Bhayangkari Daerah Sumsel beserta staf, para Pejabat Utama Polda Sumsel, para Kapolres/Tabes jajaran, serta para orang tua, wali siswa, dan tamu undangan lainnya.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment