Kapolda Riau Launching Aplikasi Bersama Selamatkan Riau di Bengkalis

27 October 2021 - 14:15 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Pekanbaru. Kapolda Riau, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., resmi melaunching aplikasi Bersama Selamatkan Riau (BSR) di Bengkalis, Selasa, (26/10/21).

Peluncuran dilaksanakan dilantai IV Kantor Bupati Bengkalis dan dihadiri langsung Bupati Bengkalis Kasmarni, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan serta sejumlah pejabat daerah di Bengkalis.

Kapolda Riau menjelaskan aplikasi Bersama Selamatkan Riau yang diluncurkan ini merupakan aplikasi untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan gelombang selanjutnya penyebaran Virus corona dengan mengutamakan pergerakan para petugas tracing di lapangan.

Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., berharap dengan adanya Aplikasi BSR ini dapat memberikan kontribusi besar dalam menekan angka penyebaran Covid-19.

Lulusan Akabri tahun 1988 tersebut mengatakan Sistem kerja Aplikasi BSR adalah informasi yang terintegrasi, dengan memproses data dari pusat, terhadap masyarakat yang terkonfirmasi Covid. Data itu pula yang kemudian ditindaklanjuti oleh petugas (Tracer) diwilayahnya masing-masing, dengan tujuan validasi.

Petugas Tracer lalu melaporkan kembali menggunakan aplikasi BSR ini secara detail, mengenai penindakan yang sudah dilakukan. Melalui laporan ini pula tindak lanjutan bisa diambil, agar penanganan terhadap orang yang terkonfirmasi jadi optimal.

"Aplikasi bentuk klaborasi tugas, petugas di lapangan. sehingga Bengkalis bisa terbebas dari Covid 19 dan warga yang terpapar Covid 19 bisa mendapatkan penanganan yang cepat," terang Jenderal Bintang Dua.

Sementara itu ditempat yang sama, Bupati Bengkalis, Kasmarni menyambut baik adanya aplikasi BSR yang diluncurkan Polda Riau tersebut. Dengan aplikasi ini Kasmarni berharap bisa menekan angka penyebaran yang terjadi.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis, tentunya siap mendukung dan bersinergi dengan Polri, memanfaatkan aplikasi BSR ini. Karena kami menyadari, menangani Covid secara manual yang dilakukan oleh petugas kami selama ini, belum mencapai hasil maksimal," tutur Kasmarni.

Bupati Bengkalis meminta agar aplikasi ini benar benar di dukung serta dimanfaatkan sesuai peruntukannya, guna meningkatkan kinerja dalam melakukan pengendalian covid-19 di Kabupaten Bengkalis.

(ym/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment