Kapolda Pimpin Penutupan Diktukba Polri, 489 Siswa Polri siap Mengabdi untuk Papua

11 July 2024 - 19:10 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jayapura. Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H, resmi menutup Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I T.A 2024, berlangsung di lapangan SPN Polda Papua, Kamis (11/7/2024).

Adapun jumlah Bintara Polri yang dilantik berjumlah 489 orang, Yang terdiri Polda Papua 294 Bintara Polri dan 195 Bintara Polri Papua Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Ny. Nova Patrige Renwarin, PJU Polda Papua, Karo SDM Polda Papua Barat, Kombes Pol. Arif Hidayat, S.I.K., Kadispers Lanud Silas Papare, Letkol Adm. Ridwan Syaparudhin, S.E., M.S, Direktur Poltekbang Jayapura, Musrikona, ST, Wadir II Poltekbang Jayapura, Nikolas Makanuay.

Dalam kesempatannya, Kapolda Papua mengatakan selaku pimpinan Polda Papua bersyukur bahwa anak-anak yang menempuh Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A 2024 kurang lebih 5 bulan melakukan pembentukan pendidikan di SPN Polda Papua.

“Saya berharap dengan dilantiknya menjadi Bintara Polri, mereka bisa menjadi garda terdepan dari Polda Papua maupun Polda Papua Barat, untuk betul-betul melayani masyarakat dengan ikhlas,” ucap Kapolda.

Kapolda juga berharap anggota Bintara yang baru dilantik mereka juga bisa sebagai jembatan komunikasi antara Polri dengan masyarakat yang nantinya mereka layani.

“Bintara yang baru ini, kami siapkan mereka betul-betul untuk turun langsung di tengah-tengah masyarakat Papua. Karena mereka ini rata-rata semua anak asli Papua dan kelahiran Papua. Jadi saya yakin tidak ada hambatan lagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Irjen Fakhiri mengatakan, ratusan bintara remaja yang baru dilantik tersebut disiapkan untuk pengamanan Pilkada Serentak November mendatang.

“Setelah ini mereka akan libur sebentar, dan langsung kembali ke Polda Papua. Di Polda mereka nanti dibagi tiga, ada yang ke Brimob, Biro SDM dan di Samapta. Mereka akan disiapkan untuk Pilkada November,” tuturnya.

Ditambahkan Irjen Fakhiri, di Papua sendiri sudah ada 3 DOB, tentunya mereka ini akan disiapkan juga untuk nanti ke beberapa titik.

“Saya berharap dari sini nanti kita secara bertahap, saya mau pemenuhan personil itu ada di tiap Polres dulu. Supaya kalau Polres kuat, pada saat nanti hadirnya Polda-Polda baru, tentunya sudah tidak akan kekurangan lagi personil di Polda-Polda baru,” jelasnya.

(ta/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment