Kapolda NTT Pimpin Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata dalam Peringatan Hari Bhayangkara ke-78

20 June 2024 - 19:30 WIB
Humas Polda NTT

Tribratanews.polri.go.id - Kupang. Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., memimpin upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-78, di lantai 3 Rupatama Mapolda NTT, Kamis (20/6/24)

Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata adalah tradisi yang wajib dilaksanakan oleh Polri, dengan melakukan pencucian panji-panji yang merupakan simbol untuk menyucikan dan pembersihan diri.

Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga melakukan pencucian Pataka Catya Turangga Wirasakti, yang merupakan tradisi yang dilakukan Polda NTT dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-78, tepat pada tanggal 1 Juli 2024.

Pencucian panji-panji ini berfungsi sebagai pedoman bagi setiap insan Polri untuk tetap teguh memegang kebenaran, melaksanakan tugas pokok untuk melindungi, mengayomi, melayani, dan menegakkan hukum serta mewujudkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Kapolda NTT juga menyampaikan bahwa upacara ini mengandung makna penting bagi institusi Polri.

Baca Juga: Menteri LHK Jelaskan Dampak Kehutanan Sosial ke Kesejahteraan Desa

"Upacara ini mengandung makna bahwa kita, sebagai anggota Polri, harus memaknai nilai-nilai yang harus kita jaga. Salah satunya adalah menjaga nilai luhur dari lambang Tribrata yang dideskripsikan untuk tingkat Polda menjadi lambang-lambang Polda," ungkap Kapolda NTT.

Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga juga mengingatkan seluruh anggotanya untuk selalu menjaga nama baik institusi Polri, "Jaga nama baik institusi dan lakukan tugas sebaik-baiknya dengan tetap berpedoman pada Tribrata."

Upacara ini menjadi momentum penting untuk introspeksi dan perenungan bagi seluruh prajurit Korps Bhayangkara dalam menjalankan tugasnya. Melalui upacara ini, Polri menunjukkan komitmen kuat untuk terus menjaga integritas dan menjalankan tugas dengan dedikasi tinggi demi kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan negara.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., Irwasda Polda NTT Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H., serta para pejabat utama Polda NTT dan perwakilan anggota dari Satker Mapolda NTT.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment