Kapolda Metro Jaya; Satpam Memiliki Peran Penting dan Kewenangan Menjadi Garda Terdepan

1 August 2024 - 20:30 WIB
Pmjnews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polda Metro Jaya menggelar acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (DPD-APSI) Jakarta Raya yang dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ) pada hari Kamis (1/8/24).

Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Karyoto, S.I.K melalui Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol. Djati Wiyoto Abadhy, S.I.K., mengungkapkan bahwa satpam memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

"Oleh karena itu keberadaan DPD APSI Jaya sebagai wadah profesi satpam di wilayah Jakarta Raya menjadi sangat strategis dalam meningkatkan profesionalisme dan kualitas satuan pengamanan," ungkap Irjen. Pol. Karyoto.

Irjen. Pol. Karyoto juga menyampaikan bahwa, peran satuan pengamanan (satpam) menjadi semakin vital dalam perkembangan ekonomi maupun industri yang pesat saat ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Transformasi Digital di Bidang Ekonomi Keuangana

"Mereka tidak hanya menjaga keamanan fisik, tetapi juga turut berkontribusi dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif," jelas Kapolda Metro Jaya.

Brigjen Pol. Djati Wiyoto Abadhy juga menyampaikan pesan dari Kapolda bahwa kehadiran satpam dapat memberikan rasa aman untuk para investor maupun pelaku usaha yang tentunya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, dan satpam juga mempunyai kewenangannya menjadi garda terdepan dalam pencegahan kejahatan di lingkungan kerja dan area komersial.

"Kemampuan mereka dalam mendeteksi dini dan penanganan awal insiden keamanan sangat membantu tugas kepolisian dalam menjaga ketertiban umum," jelas Brigjen Pol. Djati Wiyoto Abadhy.

Wakapolda Metro Jaya menambahkan, peran satpam sangat penting dalam melindungi aset-aset strategis perusahaan, seperti pengamanan fasilitas industri, produksi, perlindungan properti intelektual, hingga pengawasan rantai pasokan, serta satpam modern dituntut untuk memiliki pemahaman yang baik tentang manajemen risiko keamanan.

"“Mereka harus mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan merespon berbagai ancaman keamanan yang mungkin timbul dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Kemampuan ini tidak hanya melindungi aset perusahaan, tetapi mendukung keberlanjutan operasional bisnis," tutup Wakapolda Metro Jaya.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment