Kapolda Maluku Harap Pemuda Tiru Semangat Perjuangan Pahlawan Martha Christina Tijahahu

2 January 2024 - 20:30 WIB
Foto: Malukuterkini

Tribratanews.polri.go.id - Ambon. Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., mengajak para generasi muda untuk meniru semangat rela berkorban Pahlawan Nasional dari Maluku, Martha Christina Tijahahu. Kapolda berharap semangat srikandi Maluku yang rela mati mengusir penjajah dari tanah para raja-raja dan secara umum Indonesia ini, harus dijadikan sebagai motivasi perjuangan.

"Jika dulu pahlawan Martha Christina Tijahahu angkat senjata mengusir penjajah, maka semangat perjuangannya harus ditiru di mana saat ini kita harus mampu melawan kebodohan dan kemiskinan," jelas Kapolda Maluku, setelah menghadiri upacara Peringatan ke-206 Hari Perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu yang di Monumen Martha Christina Tijahahu, di kawasan Karang Panjang, Ambon, Selasa (2/1/24).

Jenderal Bintang Dua itu mengungkapkan bahwa semangat Martha Christina Tijahahu yang ingin hidup bebas, aman dan damai tanpa tindas pun harus terus dikobarkan.

Baca Juga: Kemenkes Perluas Layanan Penyakit Prioritas ke RS Milik Polri, TNI, dan Perguruan Tinggi

"Sebagai generasi penerus perjuangan, pemuda harus dapat menjadi pelopor kamtibmas dan pelopor kedamaian di Maluku. Pemuda harus jadi pelopor kedamaian yang mampu menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi, bukan sebaliknya menjadi pemicu terjadinya bentrokan antar warga," tutup Kapolda.

Upacara peringatan hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu tersebut dipimpin oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial. Bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor Caj Marlina Mailuhu.

(ys/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment