Kapolda Maluku Berikan Imbauan Kepada Polres Jajaran Agar Antisipasi Bencana Alam

14 May 2024 - 21:32 WIB
batamclick.com

Tribratanews.polri.go.id - Maluku. Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. meminta Polres/ta jajaran senantiasa siaga guna mengantisipasi bencana alam selama musim hujan.

“Saya sudah memerintahkan Polres jajaran agar menyiapkan personel dan peralatan-peralatan SAR untuk mengantisipasi dan siaga bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” ungkap Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, Selasa (14/5/24)

Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif juga mengajak masyarakat agar mewaspadai bencana alam menyusul cuaca ekstrem dan hujan deras yang melanda wilayah Maluku dan sekitarnya belakangan ini.

Baca Juga: Bidpropam Polda Jatim bersama Sipropam Polres Lumajang Cek Senpi Dinas Anggota

“Mengingat cuaca hujan yang mulai terjadi saya mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan mengikuti informasi perkembangan cuaca dari BMKG,” jelasnya.

Kapolda Maluku itu juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca buruk yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang, serta harus sinergisitas dan terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Basarnas, pemda serta instansi terkait lainnya.

“Koordinasi lintas sektor sangat krusial untuk memastikan penanganan yang cepat dan tepat saat terjadi bencana. Kita harus satu langkah di depan dalam mengantisipasi dan merespons situasi darurat,” ungkap Kapolda Maluku.

Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif berharap dengan kesiapsiagaan yang ditingkatkan dapat meminimalkan dampak dan korban saat bencana terjadi sehingga seluruh masyarakat dapat terhindar dari musibah akibat bencana alam yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

“Polda Maluku dan instansi terkait harus siap 24 jam untuk melayani dan melindungi masyarakat dalam situasi apapun yang terjadi di lapangan,” tutup Kapolda NTT

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment