Kapolda Kalteng Ingatkan Pentingnya Antisipasi Penyebaran Berita Palsu Dalam Pemilu 2024

10 January 2024 - 10:00 WIB
Dok. Bidhumas Polda Kalteng

Tribratanews.polri.go.id - Palangkaraya. Jelang Pemilihan Umum 2024, Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng), Irjen. Pol. Drs. Djoko Poerwanto, menegaskan pentingnya mengatasi fenomena Post Truth dalam upaya mencegah penyebaran berita bohong atau Hoaks.

Kapolda Kalteng menyampaikan munculnya berita hoaks ini tentunya dapat mempengaruhi kestabilan harkamtibmas dalam proses pemilu, yang tidak lama akan diselenggarakan.

Baca Juga: Dalam 3 Hari Polda Kepri Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Dengan Kekerasan

"Terlebih berita atau informasi hoaks ini terkait salah satu paslon atau caleg ada baiknya masyarakat memastikan sumber tersebut dari informasi terpercaya dari media online atau cetak contohnya," jelas, Selasa (9/1/24).

Untuk mencegah hal tersebut maka dari itu Kapolda Kalteng mengajak masyarakat tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat agar bersama - sama dengan Polda Kalteng mencegah dan mengantisipasi berita hoaks.

Selain itu peran aktif ketelitian masyarakat dalam memilih dan memilah berita, informasi ataupun video yang bertebaran di Media Sosial (Medsos) juga sangat diperlukan, untuk mencegah menyebarkan berita hoaks.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment