Kalemdiklat Polri Minta Anggota Polisi Melek Teknologi
28 March 2022 - 20:39 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Bogor. Kalemdiklat Polri, Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., meminta agar anggota polisi melek teknologi. Hal tersebut diutarakannya saat menggelar kunjungan kerja di Diklat Reserse Lemdiklat Polri Megamendung, Bogor. Kedatangan Kalemdiklat Polri dan sejumlah Pejabat Lemdiklat Polri disambut langsung oleh Kadiklat Reserse Brigjen (Pol) Agus Nugroho dan para pimpinan Diklat Reserse.

Dalam kunjungan Kerja tersebut, Kalemdiklat Ryclo berkesempatan bertatap muka secara langsung dengan seluruh peserta didik Dikbangspes Gelombang III. Tatap muka dengan peserta didik di lapangan hijau Waskita Sandi Wiyata itu berjalan dengan suasana hangat penuh kekeluargaan.

Komjen Rycko menyampaikan bahwa roda kehidupan masyarakat saat ini semakin baik, meskipun masih menghadapi pandemi Covid-19. Namun demikian, sesuai data, harus diakui grafik data penderita Covid-19 sudah menurun. Keberhasilan pemerintah ini tentu juga dipengaruhi oleh aktivitas TNI dan Polri dalam memberikan vaksinasi dan himbauan secara masif kepada masyarakat.

Kalemdiklat Polri juga mengingatkan perubahan sosial yang terjadi begitu cepat di masyarakat Indonesia. Dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi yang begitu cepat, masyarakat dapat berkomunikasi, berbagi informasi serta bertransaksi menggunakan internet. Kondisi tersebut akhirnya mengubah landscape masyarakat Indonesia, di mana semua informasi dan transaksi ada dalam genggaman. Termasuk dalam hal ini aktivitas kejahatan yang notabene juga menggunakan kemampuan digital.

"Saudara-saudara sekalian harus mampu menegakan hukum menggunakan teknologi yang ada. Hampir semua kejahatan menggunakan digital. Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain. Saudara-saudara harus memiliki kemampuan itu semua," ujarnya.

Menurut Kalemdiklat Polri ini, setidaknya terdapat dua kompetensi yang harus dimiliki. Pertama, literasi dalam pengetahuan data. Kedua, kompetensi literasi teknologi. Menurut Rycko, Lemdiklat Polri akan memberikan kemampuan itu di semua jenis jenjang pendidikan, termasuk Dikbangspes.

"Saudara semua harus mempunyai kemauan yang kuat untuk meningkatkan kemampuan. Tingkatkan kemampuan untuk kebaikan negeri ini dan untuk kebaikan organisasi kita (Polri) ke depan. Mudah-mudahan Polri semakin maju, semakin dipercaya oleh masyarakat," tegasnya.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.051.205

Sembuh

5.890.826

Meninggal

156.481

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 18 May 2022 - 02:51
Sign in to leave a comment