Kabareskrim: Kejahatan Transnasional Diatasi, Ekonomi ASEAN Terkendali

20 March 2023 - 13:26 WIB
Divisi Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kabareskrim Polri, Komjen. Pol. Agus Andrianto mengatakan, Working Group on General Transnasional Crime Matters (WG on GTCM) sebagai tuan rumah pertemuan perdana the 1st ASEAN SOMTC menjadi forum yang sangat penting bagi penanganan kejahatan transnasional. Pertemuan yang diselenggarakan tadi pagi itu membahas topik kejahatan lingkungan, pencucian uang, kejahatan ekonomi, dan perdagangan manusia.

"Terkait hal ini, ASEAN SOMTC dapat memberikan hal yang lebih konkret dan cepat tanggap atas kejahatan di wilayah kita," ungkapnya dalam sambutan the 1st ASEAN SOMTC di Hotel Ra Suites, Jakarta Selatan, Senin (20/3).

Baca Juga: Usut Penyebab Kebakaran Pertamina Plumpang, Polri Periksa Ahli Migas

Kabareskrim menyebut, hasil dari diskusi WG on GTCM ini bisa melahirkan sebuah panduan yang dapat diterapkan sebelum akhirnya disampaikan ke lingkup SOMTC yang lebih besar.

"Karena pentingnya pertemuan ini, saya berharap semua delegasi dapat berkontribusi aktif dengan hasil yang diharapkan," ujarnya.

Kabareskrim menyampaikan, apabila kejahatan transnasional tertangani baik, maka ekonomi di ASEAN secara makro dapat diwujudkan. Oleh karenanya, pertemuan ini sekaligus menegaskan bahwa posisi Asia Tenggara sebagai pusat dari pertumbuhan, bahkan episentrum ekonomi.

(ay/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment