Jalin Sinergitas, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Sambangi Polda Sumsel

15 March 2022 - 23:41 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Palembang. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto, melakukan audiensi dengan Kepala Kepolisian Daerah, Sumsel Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., Senin (14/3/22) bertempat di Gedung Mapolda Sumsel.

Kakanwil Harun Sulianto hadir didampingi Kadiv Pemasyarakatan, Bambang Haryanto, Kadiv Yankumham Parsaoran Siamibang, Kadiv Administrasi Idris, Kadiv Keimigrasian Herdaus dan diterima langsung Kapolda Sumsel beserta jajaran.

Sebagai pejabat baru di Sumsel, Kakanwil Harun Sulianto memperkenalkan diri bersama para Kepala Divisi yang baru, beliau berterimakasih kepada Kapolda Sumsel dan jajarannnya yang selama ini telah membantu tugas Kemenkumham Sumsel.

Antara lain patroli Polres yang selalu menyambangi Lapas dan Rutan, koordinasi pengawasan orang asing, koordinasi pemberantasan peredaran gelap narkoba, dan percepatan vaksinasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan dan petugas Lapas dan Rutan.

Kakanwil Harun juga mohon kepada Kapolda untuk percepatan vaksin booster kepada WBP, dan peningkatan SDM jajaran Lapas dan Rutan terutama tentang pengetahuan intelejen dan keamanan.

Sementara, Kapolda Sumsel menyampaikan terima kasih dan mengatakan Polda Sumsel siap mendukung dan berkolaborasi dengan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Dia menjelaskan, saat ini Polda Sumsel sedang mengembangkan sebuah aplikasi e-Berkas.

E-Berkas digital adalah salah satu alat yang digunakan oleh aparat penegak hukum dengan cara memanfaatkan teknologi untuk komunikasi data administrasi penyelesaian perkara pidana antar instansi penegak hukum guna mewujudkan transparansi, efisiensi dan efektifitas.

“Dengan menggunakan e-Berkas, maka setiap dokumen akan terdokumentasi secara digital,” ujar Kapolda Sumsel.

Peningkatan kinerja dalam penegakan hukum dan penyelesaian perkara merupakan indikator kepercayaan masyarakat terhadap Polri maka perlu dilakukan secara bersama-sama dengan stakeholder sistem peradilan pidana terpadu.

“Tidak perlu lagi berkas-berkas yang bertumpuk, dengan aplikasi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan data dan mempercepat proses penyelesaian perkara,” ungkap Jenderal Bintang Dua ini.

Turut mendampingi Kapolda Sumsel, Direktur Ditreskrimum Kombes Pol. M. Anwar Reksowidjojo, S.H., S.I.K., Direktur Ditreskrimsus Kombes Pol. M. Barly Ramadhany, S.H., Direktur Dit Tahti dan Wadir Ditresnarkoba.

Share this post

Sign in to leave a comment